push..push...

push..push...
Loading...

Senin, 28 Desember 2009

Peninggalan Sejarah Hindu-Budha dan Islam


Peninggalan Sejarah pada Masa Hindu-Budha dan Islam
1. kerajaan hindu di Indonesia
Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah kerajaan Kutai di Kalimantan
Kerajaan Kutai berdiri pada tahun 400 masehi.
pendiri kerajaan kutai adalah Kudungga
kerajaan kuati mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Mulawarman
Kerajaan Hindu pertama di Jawa adalah kerajaan Tarumanegara
Kerajaan tarumanegara berdiri pada tahun 450 masehi, terletak di dekat aliran sungai Citaru,Bogor.
Raja yang terkenal dalah Purnawarman, dan sangat memperhatikan rakyatnya.
Mata pencaharian penduduk kerajaan tarumanegara adalah pertanian,peternakan, perburuna, perikanan, nelayan dan perniagaan.
prasasti kerajaan tarumanegara antara lain : prasasti kebon kopi, prsasti tugu, Prasati Lebak, prasasti Jambu, prasasti pasir awi,dan prasati muara cianten.pada umumnya prasasti itu ditulis dengan bahasa sansekerta dan menggunakan huruf pallawa.
kerajaan hindu yang lainnya adalah:kerajaan mataram,kerajaan singasari,dan kerajaan kediri.
kerajaan mataram mula-mula diperintah oleh raja Sanna, raja tersebut memerintah dengan bijaksana. setelah wafat diganti oleh Sanjaya.
Peninggalan sejarah yang bercorak hindu antara lain candi, prasasti, patng, karya sastra.
candi fungsinya untuk memuliakan orang yang telah meninggal,khususnya para raja dan orang-orang yang terkemuka.
Prasati merupakan tulisan yang ada pada batu,kayu,daun atau kulit. Tulisan pada prasasti umumnya menggunakan huruf pallawa dan berbahasa sanskerta.
karya sastra yang terkenal berupa kitab-kitab,misalnya kitab Arjunawiwaha (empu kanwa),kitab Bharatayudha (empu Panuluh dan empu Sedah) dapa zaman kerajaan Kediri.
kitab negarakertagama (empu Prapanca) dan kitab Sutasoma (mpu Tantular) pada zaman kerajaan majapahit
kerajaan majapahit didirikan oleh Raden Wijaya dan bergelar kertanegara jayawardana. kerajaan ini terletak di lembah sungai Brantas yang subur
pada masapemerintahan Hayam Wuruk. (1350-1389) kerajaan majapahit mengalami puncak kejayaan,sehingga kerajaan Majapahit terkenal dalam sejarah sebagai negara nasional kedua.
Disamping sebagai kerajaan maritim,majapahit dikenal sebagai kerajaan agraris.
kerajaan majapahit mencapai kemajuan di berbagai bidang antara lain : bigang sosial, ekonomi. pemerintahan,agama dan kebudayaan
Raja-raja yang pernah memerintah kerajaan majapahit yaitu Raden Wijaya, Sri Jayanegara, Tribhuanatunggadewi,HayamWuruk,dan Wikramawardhana
Peranan Gajah Mada sangat besar dalam menyatukan nusantara. Sumpahnya yang terkenal adalah Sumpah Palapa. yang artinya Gajah MAda bersumpah tidak akan merasakan palapa (kenikmatan duniawi) sebelum nusantara dapat dipersatukan di bawah kerajaan majapahit.

2. kerajaan Budha di indonesia
kerajaan Budha diIndonesia yaitu kerajaan Mataram Kuno,kerajaan Sriwijaya
peninggalannya berupa candi, prasasti,patung atau arca.misalnya candi borobudur, candi pawon,candi muaratakus. yang berwujud prasasti yaitu prasasti kedukan bukit, Prasasti Talang Tuo,Prasasti Kota kapur,prasasti kalasan.Dan yang berupa patung yaitu patung budha.
Sriwijaya disebut juga kerajaan maritim karena hidupnya tergantung dari perdagangan dan kekuasaannya tergantung dari angkatan lautnya. Disamping itu terkenal dengan pusat penyebaran agama budha.
kerajaan sriwijaya merupakan kerjaan budha yang terdapat di pulau sumatera. disebut juga dengan kerajaan nasional yang pertama.

3. kerajaan islam di Indonesia
Kerajaan dan Peninggalan Islam Di Indonesia
Kerajaan Islam di Indonesia antara lain : Samudera Pasai ,kerajaan Aceh,Kerajaan Demak.
Kerajaan Samudra PAsai berdiri pada abad XIII merupakan kerajaan islam pertama di Indonesia. Kerajaan Demak merupakan kerajaan islam pertama di Pulau Jawa.
Kerajaan Demak didirikan oleh Raden Patah. Kerajaan demak mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan sultn Trenggono. dan para ulama dikenal dengan sebutan walisanga.
Kerajaan islam yang ada di Indonesia antara lain : kerajaan Banten, Kerjaan Ternate, Tidore,dan Gowa-Tallo.
Peninggalan sejarah yang bercorak islam diIndonesia antara lain : Masjid,keraton/istana, Batu nisan/makam, karya sastra,benteng, meriam dan kaligrafi.
Peninggalan sejarah yang berupa masjid antara lain : masjid demak, masjid kudus, MAsjid cirebon, dan masjid indrapura Aceh.
Peningglan sejarah yang berupa keraton : Keraton Cirebon, Keraton Kaibon Banten, Keraton Kanoman dan Kasepuhan di cirebon, dan Istana Raja Gowa.
peninggalan yang berupa batu nisan/makam antara lain : BAtu nisan milik As-Shaleh, BAtu nisan MAulana Mallik Ibrahim, Batu nisan sultan Hasanuddin.
Peninggalan yang berupa karya sastra antara lain : hikayat, suluh, syair, babad.
Tokoh-tokoh kerjaan Islam di Indonesia : Raden Patah, Sultan Agung, Sultan Hasanuddin, Sultan Baabullah, dan Fatahillah.
Raden patah dalah pendiri dan raja pertama kerajaan demak. Pada masa pemerintahannya, demak mengalami perkembangan yang pesat. Demak berperan dalam penyebaran agama islam dengan bantuan walisanga. Demak menjadi pusat penyebaran agama islam di Jawa dan wilayah nusantara bagian timur.
Mataram mengalami puncak kejayaan pada masa pemerintahan sultan Agung. kemajuan yang dicapai meliputi kemajuan bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya.
kerajaan Gowa-TAllo mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin,dan beliau mendapat julukan Ayam JAntan dari timur.
TErnate mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Baabullah, sultan Baabullah bersama rakyat Ternate mengadakan perlawanan besar-besaran terhadap portugis,sehingga portugis kekurangan bahan makanan dan menyerah kepada sultan Baabullah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar